Quick Search:
INFO MUSIC

SOSIALISASIKAN NILAI PANCASILA, BPIP GELAR BEDAH MUSIK KEBANGSAAN DI IPB UNIVERSITY

Bedah musik kebangsaan yang digagas oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) resmi digelar untuk keempat (4) kalinya yang bertempat di lingkungan IPB University, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (12/10/21). Dalam sambutannya, Rektor IPB University Prof. Drs. Arif Satria, SP, Msi. yang diwakili oleh Sekretaris IPB, Dr. Ir. Aceng Hidayat, MT mengaku dirinya beserta jajaran IPB Bogor sangat mengapresiasi kegiatan Bedah Musik Kebangsaan yang digagas oleh BPIP. Pasalnya, melalui musik yang di modifikasi dengan lagu kebangsaan maupun daerah ini akan sangat efektif untuk mengenalkan kembali nilai-nilai Pancasila kepada kaum muda dan mahasiswa khususnya.

“Diketahui juga untuk para hadirin yang hadir dalam acara ini, kalau IPB University ini adalah universitas yang pancasilais yang diterapkan kepada setiap mahasiswa kami disini,” kata Aceng Hidayat. Ia menyebut, dengan adanya perhelatan Bedah Musik Kebangsaan bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa, lebih baik dan menginternalisasi bagi generasi muda milenial. “Sehingga nilai budaya Indonesia ini dapat dilestarikan dan kita wujudkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tuturnya.

Masih ditempat sama, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Umum BPIP, Dr. Drs. Karjono, S.H., M. Hum menambahkan, kegiatan yang digagas oleh BPIP ini adalah merupakan arahan dan instruksi langsung dari presiden Jokowi untuk mengenalkan nilai-nilai ideologi pancasila kepada kaum pemuda milenial masa kini melalui 4 cara. Diantaranya, musik yang kini tengah dilaksanakan, kuliner, olahraga dan menyentuh melalui film. “Dan itu, arahan atau sentuhan dari bapak Presiden supaya generasi milenial nya itu bisa sangat luar biasa mengenal ideologi dan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya. Dirinya juga mengajak, kepada mahasiswa IPB maupun kaum muda milenial yang hadir dalam acara ini, mari sama-sama memperkenalkan nilai-nilai ideologi pancasila dan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari nanti. “Mari kita saling mengharumkan, bantu membantu dan saling gotong-royong di kehidupan sehari-hari kita semua,” imbuhnya. Karjono juga mengharapkan, dengan adanya beda musik kebangsaan ini supaya yang hadir pada saat ini dapat selalu untuk tetap bersatu. Menurut dia, ada 4 hal dalam mengenal nilai ideologi Pancasila ini, diantaranya selalu ingat Pancasila karena pancasila ini merupakan perjanjian bangsa kepada rakyatnya, kedua ada bhineka tunggal Ika yang arti lainnya meski berbagai warna masyarakat Indonesia tetap satu, yakni NKRI dan Undang-Undang Dasar (UUD) negara republik Indonesia tahun 1945. “Hal ini yang harus kita sama-sama selalu pegang teguh ideologi Pancasila sebagai landasan dasar negara Republik Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI, Dr. H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung S. Si., M.T menyampaikan, jika kegiatan Bedah Musik Kebangsaan ini bukan lah perhelatan anggota Komisi II DPR RI, melainkan merupakan acara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang didukung oleh semua pihak termasuk anggota Komisi II DPR RI di Senayan. Jadi giat ini, merupakan ajang mempersatukan kedua gagasan antara BPIP yang diperintahkan presiden bagaimana caranya untuk mensosialisasikan Pancasila terutama untuk kalangan muda melalui 4 media sosialisasinya, film, olahraga, kuliner dan musik. “Dan untuk saya pribadi, mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila ini dengan membentuk Sinergy for Indonesia di tahun 2021 bersama mantan aktivis dulu, baik mantan aktivis mahasiswa maupun aktivis kepemudaan semasa saya menjadi ketua umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI),” terangnya.

Menurut dia, apabila seluruh lapisan masyarakat Indonesia apabila kembali mencintai negeri ini, serta mengenal Indonesia itu apa termasuk mengenal Pancasila sebagai ibu negara ini, ada UUD 1945 sebagai konstitusinya, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan yang mengikat kebersamaan seluruh lapisan masyarakatnya, dan NKRI yang sudah disepakati sebagai bentuk negara bagi masyarakat Indonesia itu sendiri.

Untuk itu, sambungnya, diharapkan melalui musik sebagai satu cara untuk mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan negara ini, dan musik bisa menjadi sebagai bahasa universal untuk memperkenalkan kembali tentang Indonesia dan bisa lebih meningkatkan rasa cinta kepada Indonesia.

Pihaknya juga mengapreasiasi, kepada BPIP yang sudah menyelenggarakan beda musik kebangsaan untuk ke empat kalinya saat ini, yang mana acara awalnya dimulai di Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), ketiga Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang, Banten, dan ke empat diselenggarakan di IPB University.

“Kedepannya, insya Allah kegiatan ini akan terus bergulir di kampus-kampus lainnya yang berada di 34 Provinsi di Indonesia. Mungkin juga kita akan lakukan di sekolah-sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun d pondok-pondok pesantren dan seterusnya,” ucapnya.

“Intinya dalam kegiatan Bedah Musik Kebangsaan ini, kita ingin menyampaikan visi misi yang penting tadi berupa mengenal nilai-nilai ideologi pancasila,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Sekum BPIP, Karjono, Sekretaris IPB University, Aceng Hidayat, Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Kepala Departemen Arsitektur Lanskap/Pembina UKM Agria Suara IPB University, Akhmad Arifin Hadi, Conrad GV, Agus Hafi X Factor, Slag Band, dan acara ini didukung oleh Sinergy For Indonesia, Zilenial, Perhumas, IPB Bogor University, Nyanyian Rumah Indonesia, BEMKMIPB, dan Indonesia Care serta media partner.

BACK

Info Music dan Info Megaswara

Info Musik musik dan artis - Berita terupdate

Megaswara Event & Promo

Megaswara Network

Undian Kopi ABC

Ada kabar baik buat teman-teman yang berdomisili di Jakarta dan Jawa Barat. Kopi ABC kembali lagi dengan promo berhadiah motor dan Pulsa setiap hari.

Megaswara Gathering

Megaswara Gathering bertujuan untuk menyatukan crew dan owner yang di adakan di Cico Resort pada tanggal 09 Januari 2017..

Undian Tora Susu

100% Mantapnya Kopi 100%Gurihnya Susu